Sabtu, 22 Agustus 2015

Martabak Manis


Hiyaaa...fotonya burem banget. Ngambilnya jam 8 malam, pake hp pula.Huhuhu....maaf.  Jadi gak keliatan jelas tekstur dalamnya.ini salah satu camilan kesukaan Nabil. Dia paling sula sama martabak manis a.k.a terang bulan keju. Pas lihat mbak Revina Octavianita posting resep martabak manis anti gagal,penasaran deh buat nyoba. Resepnya aku modif dikiit aja. Susunya yang harusnya diresep 350 ml aku tambah jadi 400 ml.Alhamdulilah berhasil bersarang walau aku pakai teflon buat masaknya.adonannya dibikin agak tipis biar matang dan bawahnya gak gosong. Aku cuma bikin 1/2 resep dibawah ini untuk 2 kali tuang di teflon diameter 22cm.Oke, langsung deh ini resepnya...

Martabak Manis
Source : Revina Oktavianita

Bahan :

  • 250 gr terigu protein sedang
  • 2 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1 sdt ragi instan
  • 350 ml susu cair (aku 400 ml)
  • 2 butir telur kocok lepas
  • 1/2 sdt garam
Toping : keju,meisis,susu kental manis
               dan mentega untuk olesan
Caranya :
  • Campur tepung, gula, baking powder,ragi instan.aduk rata
  • Tuangi susu,aduk rata dengan whisk sampai tepung tercampur sempurna dan menjadi Adonan yang licin.tambahkan telur.aduk rata.masukkan garam dan aduk rata lagi.tutup dengan serbet bersih dan diamkan 30 menit-1 jam
  • Panaskan cetakan terang bulan atau teflon (pilih yang alasnya agak tebal) dengan api kecil selama 5-10 menit agar panasnya merata.sebelum dituang, kocok adonan dengan whisk hingga timbul gelembung di permukaan adonan.Tuang di cetakan dan biarkan sampai permukaannya terlihat berlubang lubang, taburi gula pasir.tutup cetakan dan masak sampai matang
  • Angkat.panas panas oles dengan mentega.taburi toping dan SKM .potong dan sajikan

3 komentar:

  1. Whuaaa, senengnya kalo nyoba-nyoba resep trus berhasil, ya. Mauuuu ... ^^

    Btw, aku juga seneng karena apa yang aku share bisa bermanfaat. Keep on cooking!

    Cheers,
    Vina Revi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Vina, makasih banyak ya resepnya. Pertama nyoba langsung sukses. Emang anti gagal beneran ya resep ini. Enak lagi. Thank you..*hugs*

      Hapus
    2. Sama-sama, Dian.
      Ini malah aku udah lama enggak ngdapur. Lagi sibuk pindahan. ^^

      Hapus