Jumat, 14 Agustus 2015

Floss Roll Bun (dengan no knead dough)

Pas lihat Teh Ricke posting floss roll bun langsung niat someday pengen bikin juga. Untuk resepnya teh Ricke bisa klik disini. Kalau teh Ricke bikin adonan rotinya pake resep soft bread NCC , kali ini aku nyoba bikin rotinya pake resep no knead dough ala Sangjin Ko yang udah banyak beredar di internet (alasan males ngulen.com ceritanya, nyari yang simple dan praktis aja).Jadi roti ala Sangjin Ko ini ga pake ulen, tinggal campur bahan, aduk2, fermentasi 3x20 menit trus masuk kulkas 5-6 jam. Resepnya q ambil dari blognya mbak Monic disini. Silahkan main ke blog mbak Monic untuk detail resep no knead dough ala Sabgjin Ko ini.


Singkatnya, siang jam 12 aku bikin adonan dan jam 1 masuk kulkas. Jam 8 malam baru aku keluarin dari kulkas. Untuk floss roll bun, aku pake loyang 20x26x3 cm. Adonan cuma q ratain di loyang pake tangan.jadi ditekan melebar seukuran loyang. Alhasil permukaan adonan jadi ga rata.bagian pinggir agak tebel tapi yang tengah agak tipis,hiyaa...Harusnya emang dirolling pin,tapi gak tahu kok waktu diroll adonan melebar tapi nyusut lagi ke tengah,bingung juga.apa emang aku yang gak bisa ngeroll adonan roti atau akunya yang gak tahu tekniknya. Ya weslah,pake cara dilebarin dengan tangan aja. Oles kuning telur,tabur daun bawang dan masuk oven.sisa adonan aku bikin kepang isi nugget (adanya cuma itu) dan caterpillar bread yang juga diisi nuget..bentuk seperti biasa masih acak acakan.


Pas mateng, haruuumm bau roti bercampur daun bawang langsung bikin laper. Tapi, alamaaakk...kelihatannya aku over bake dikit,jadi rotinya gak empuk kayak yang aku isi nuget itu. Tapi show must go on pokoknya.aku oles mayonaise,tabur abon dan gulung. Ahay...masih ada yang retak akibat overbake tadi. anget-anget aku cicipin. lumayan enak juga (andai aku gak over bake pasti lebih empuk dan enak) agak dongkol juga sih.tapi terhibur sama rasa roti isi nugetnya.bener2 empuk dan enak.q kasih saos tomat dan mayonaise aja atasnya.

Anyway, resep no knead dough ala Sangjin Ko ini reviewnya menurutku layak untuk dicoba.udah praktis cara bikinnya,roti yang dihasilkan juga empuk.Silahkan dicoba..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar