Jumat, 06 November 2015

Cumi Masak Hitam



Paling sukaaaa banget sama cumi masak hitam ini. Jadi cumi ini dimasak dengan tintanya sekalian. Makanya warnanya hitam. Jadi ketika mencuci cumi,hati-hati jangan sampai kantung tintanya pecah. Biasanya kantung tinta ini berada di kepala cumi. Bikinnya simple,tapi rasanya hmmm...mantap. Berikut ini resep yang biasa dipakai ibuku. Resepnya turun temurun dari nenek. Sampai sekarang kalau lagi kangen makan cumi ini,resep ini yang aku pakai


Cumi Masak Hitam
Bahan :

  • 250 gr cumi-cumi
  • 5 siung bawang putih,iris tipis
  • 1 siung bawang merah,iris tipis
  • 1 cm jahe memarkan
  • 5 buah cabai rawit iris serong (bagi yang tidak suka pedas boleh diskip)
  • 1 sachet saus tiram
  • Sedikit garam
  • Sedikit gula
  • 50 ml air
  • 1 sdm minyak untuk menumis
Caranya :
  • Iris cumi-cumi dengan ketebalan sekitar 1 cm
  • Panaskan minyak,tumis bawang putih,bawang merah,jahe,cabai rawit sampai harum dan bawang layu.
  • Masukkan cumi yang sudah diiris tadi,aduk hingga bumbu tercampur rata.
  • Masukkan saus tiram,gula,garam dan air.aduk rata.koreksi rasa.masak dengan api besar sebentar saja. Kurang lebih 1 menit. Angkat sajikan

2 komentar:

  1. Hi Mba Dian,
    salam kenal.... toss mba, saya juga masak cumi hitam beberapa hari yang lalu, hanya ini untuk yang pertama kali masak cumi hitam.
    Ternyata enak mba ya, he he he, apalagi campur tauco...

    Wah mba Dian baru mulai ngeblog Agustus ini ya, selamat mba, moga-moga sering posting ya, saya lihat banyak juga neh resep asyik di sini...
    saya follow ya..... makasih mba Dian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mbak Monic,duuhhh senengnya dikunjungi senior dan meninggalkan komentar. Saya belajar ngeblog emang baru Agustus kemarin Mbak.padahal udah hobi baking dan foto narsis hasil bikin kue udah sejak 2 tahun yang lalu.Gara-gara sering lihat foto dari blognya Mbak-Mbak senior (termasuk Mbak Monic juga) yang sering bikin ngeces itu,saya yang asline gaptek parah jadi belajar bikin blog. Cuma modal hp buat bikin blog,posting resep dan foto karena gak punya laptop dan kamera. Tapi maju terus pantang mundur lah pokoknya dengan keterbatasan yang ada. Cumi-cumi ini adalah satu-datunya masakan tersukses yang saya buat. Saya hobi baking tapi ga bisa masak Mbak,hihihi...parah pokoknya. Makanya postingan masakan saya di blog ini ya cuma cumi-cumi itu,hahaha...Mudah-mudahan bisa belajar masak dari resep-resep Mbak-mbak foodie blogger yang lain.Makasih ya Mbak udah mampir dan salam kenal juga *hugs*

      Hapus