Sabtu, 14 November 2015

Ikan Goreng Tepung Saus Asam Manis



Hari ini bikin menu yang (masih) simple tapi rasanya yummy. Hasil blogwalking ke blognya Mbak Nina disini tentang fillet dori asam manis. Jadi pengen bikin juga. Tapi ikannya aku ganti fillet ikan nila aja. Pengennya gurame, tapi ga nemu di pasar. Ya wes lah yang ada aja. Bikinnya lumayan gampang untuk beginner kayak aku dan alhamdulilah rasanya tidak 'mengerikan' seperti kalau aku ngarang-ngarang bumbu sendiri,hahaha...kalau nyontek begini mah rasanya enaakk. Makasih ya mbak Nina. Berikut resepnya dengan sedikiit modifikasi sesuai seleraku.


Ikan Goreng Tepung Saus Asam Manis
Source : Bunda Nina

Bahan : 
  • 250 gr fillet ikan nila potong dadu
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 1 siung bawang putih haluskan (aku pakai 3 siung)
  • 3 sdm tepung terigu
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1 sdm tepung beras
  • 1 butir telur kocok lepas
  • Minyak untuk menumis
Bahan Saus Asam Manis :
  • 3 siung bawang putih cincang halus
  • 1/2 butir bawang bombay iris memanjang
  • 3 sdm saus tomat (aku pakai 5 sdm karena aku skip pemakaian saus sambal -->efek punya sakit maag ga boleh makan sambal)
  • 3 sdm saus sambal
  • 1-2 sdt gula pasir
  • 1 sdm kecap inggris (aku skip)
  • 200 ml air
  • 1/2 buah nanas cuci bersih  dan.ootong sesuai selera (aku skip)
  • 1 buah wortel potong korek api dan rebus1/2 matang (aku skip)
  • 1/2 sdm maizena larutkan debgan sedikit air matang
  • Sedikit minyak untuk menumis
Caranya : 
  • Cuci bersih ikan,beri air jeruk nipis lantas bilas sampai bersih
  • Campur tepung terigu,maizena dan tepung beras dengan garam, merica dan bawang putih halus (versiku--->ikan yang sudah aku cuci,aku rendam dalam bawang putih halus yang sudah diberi sedikit air. Aku diamkan 1/2 jam. Jadi bawang putih halus tidak aku campurkan di tepung)
  • Baluri ikan dengan tepung,celupkan kr telur kocok dan baluri tepung lagi. Goreng sampai berwarna keemasan. Sisihkan
  • Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Masukkan saos tomat, saos sambal dan kecap inggris. Tuang air. Beri gula dan masak sampai mendidih.
  • Tuang larutan maizena. Masak lagi hingga mengental. Test rasa
  • Masukkan nanas dan wortel (aku skip proses ini karena gak pakai dua-duanya).aduk rata dan angkat
  • Siram saus asam manis ke ikan goreng tadi sesaat sebelum disajikan. Paling enak disantap selagi hangat
Kalau dilihat, aku banya skip beberapa bahan seperti yang ditulis mbak Nina. Tapi itu tidak mengurangi kelezatan menu ini. Mungkin kalau sesuai resep pasti hasilnya lebih enak lagi ya. Selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar