Rabu, 11 November 2015

Cake Tape Keju



Cake tape keju ini aku bikin barengan sama cake pisang yang udah aku posting sebelumnya. Kali ini nyobain resepnya Mbak Ricke yang menurut beliau resep ini dari majalah Femina. Nyoba setengah resep aja dengan 3 butir telur.  Pertama kali baca resep dan mau ekskusi sempet ragu-ragu juga. Karena di resep ditulis setelah telur gula dikocok kental dan tape masuk, margarin cair yang dimasukkan dulu baru tepung. Terus terang, selama ini kalau bikin cake pasti tepung dulu yang masuk baru margarin. Pikirku, wah kalau salah ngaduk bisa bantat nih. Sempat mikir mau rubah stepnya 'gimana kalau tepung dulu yang masuk baru mentega cair?mungkin resiko bantat akan lebih kecil'. Tapi aku jadi mikir lagi,kalau teman-teman yang udah nyobain cake itu semua looks stunning and yummy, berarti gak ada yang perlu dikhawatirkan dari step pembuatannya. Ya kan?bismillah aja deh. Hitung-hitung buat pengalaman trial error juga dengan metode ini. Pengen juga ngerti rasa cake ini,apakah sama enaknya dengan proll tape Surabaya ala Mbak Rachmah yang dulu pernah aku buat. Dan hasil ketakutanku akan proses dan hasil akhir cake ini yang akan bantat (karena takut aku ngaduknya gak bener) tidak terbukti. Cake nya mengembang dengan sempurna  (padahal aku skip emulsifiernya karena lagi habis). Seneeenngg banget
 Apalagi ketika mencicipi rasanya, hmmmm...perfecto! Sebelas dua belas sama kelezatan proll tapenya Mbak RAchmah. Menurut ibuku cake tape ini lebih legit dan enak,tapi buatku kedua resep ini sama-sama juara. Enaaaakkk banget. Yuk dicoba..


Cake Tape Keju
Source : Ricke Indriani adapted from           Femina

Bahan :
  • 300 tape singkong buang sumbunya
  • 75 ml santan kental/SKM (aku pakai SKM)
  • 5 butir telur
  • 180 gr gula pasir
  • 1 sdt emulsufier (optional---> aku skip. )
  • 180 gr terigu
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt vanila
  • 100 gr margarin+50 gr butter (aku full margarin)
  • 50 gr keju cheddar parut
Taburan : keju cheddar secukupnya
Caranya :
  • Siapkan loyang tulban diameter 22 cm.oles margarin dan taburi tepung terigu. Sisihkan (aku pakai loyang ukuran 22x22x3 cm untuk 1/2 resep diatas)
  • Campur dan ayak tepung dan baking powder.sisihkan
  • Panaskan oven suhu 160° C (aku pakai otang jadi aku panasi dengan api kecil aja)
  • Campur tape dengan santan /SKM lumatkan dengan garpu.sisihkan
  • Kocok telur,gula dan emulsifier hingga putih,meƱgembang dan KENTAL.masukkan vanila kocok rata
  • Masukkan tape sedikit demi sedikit sambil dimikser speed rendah hingga rata.
  • Masukkan margarin cair sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan dengan spatula
  • Masukkan tepung sambil diaduk dengan spatula hingga rata
  • Masukkan keju cheddar parut aduk rata
  • Tuang ke loyang dan panggang selama 30-45 menit hingga matang. Test tusuk
  • Angkat.biarkan sebentar dalam loyang. Baru dikeluarkan,poting dan sajikan.
Untuk tips  sukses bikin cake ini bisa langsung meluncur ke blognya Mbak Ricke ya. Selamat mencoba and happy baking!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar