Sabtu, 05 Desember 2015

Mini Cheddar Cheese Cake


Sudah hampir setahun yang lalu aku bookmarked resep CCC ini dari blognya Teh Ricke. Membayangkan beberapa kerumitan dalam proses membuat cake ini seperti pengocokan putih telur soft peak, cara panggang au bain marie (ABM) dan suhu pemanggangan yang tepat (aku cuma punya otang) membuatku berpikir 2 atau bahkan  berkali-kali untuk mengekskusi CCC ini. Sampai akhirnya kemarin pas blogwalking tentang cotton cake, akhirnya memori untuk bikin si CCC ini timbul lagi. Secara CCC kan juga masih dalam kategori cotton cake juga. Gak mau rugi di percobaan pertama, aku cuma bikin 1/3 resepnya Teh Ricke dengan 1 butir telur aja dan 1 bungkus kemasan keju cheddar mini yang 35 gr.hihihihi...(tetep ya versi hemat dan ga mau nyesek kalau gagal di percobaan pertama). Aku pakai loyang muffin pendek. Jadinya ya mini-mini gitu ntar CCC nya
Dan tragedi pun berlanjut...pertama aku ga yakin apakah kocokan putih telurku udah softpeak atau belum. Yang aku tahu waktu gagang mikser kuangkat si putelnya udh jatuh terkulai walau gak membentuk sudut tumpul. Pokoknya feeling ga enak dengan kocokan putel ini. Kedua setelah memanggang selama 80 menit dan aku lihat udah mulai kecoklatan (walau agak pucat) permukaannya, oven aku matikan dan loyang aku angkat. 'udah matang nih' pikirku. Setelah beberapa saat hangat dalam cetakan (sesuai instruksi Teh Ricke) satu cake aku lepaskan dari cetakan. Daann ternyata bagian bawah cake masih basah. Belum set sempurna. Buru-buru aku isi air panas di loyang besar dan aku taruh loyang adonan didalamnya. Saking buru-burunya malah loyang yang berusi air panas numplek dengan suksesnya di lantai dapur. Kena tanganku juga dikit. Hampir putus asa rasanya. Aku isi air panas lagi dan segera aku oven.untungnya adonan  masih mau naik lagi. Aku panggang 10 menit lagi sampai permukaannya lebih coklat lagi. Setelah matang,aku biarkan hangat dulu diloyang. Asli harap-harap cemas waktu ngluarin kue,ternyta susah juga ngluarin kue ini dari cetakannya. Ada yang cuil pinggirannya. Dan yang bikin aku makin hopeless lagi ternyata bagian bawah kue masih ada sedikit basahnya. Padahal loyang muffin yang tak pakai itu tanpa sambungan. Feelingku aku kurang sempurna di pengocokan putel sehingga berpengaruh ke hasil akhir cake yang jadi sedikit berair di dasarnya. Tapi begitu mencicipi rasanya, uenaak. Ga nyesel nyobain cake ini walau ga perfect dan perlu koreksi sana sini. Paling ga aku udah ada sedikit pengalaman dari kegagalanku hari ini. Resepnya bisa langsung meluncur ke blognya Teh Ricke ya...happy baking!


Fresh from the oven


Tidak ada komentar:

Posting Komentar