Sabtu, 12 Desember 2015

Cake Pandan




Beberapa hari ini lagi pengen makan cake yang beraroma pandan. Browsing sana sini akhirnya pengen nyobain cake pandannya Teh Ricke. Bahannya simple dan kebetulan ada semua dirumah. Jadi hari ini setelah Nabil tidur siang, mulai deh bikin cake ini. Bikin 1/3 resep aja karena stok telur tinggal 4 butir. Mau beli diluar lagi hujan deras banget. Ya sudahlah. Pas dipanggang haruuumm aroma pandannya udah bikin laper. Tapi ada sedikit kecelakaan kecil. Cake yang udah mengembang dan matang dengan cantiknya di oven, jadi ngelupas kulit cake nya karena panas-panas langsung aku balik dari loyang ke piring. Jadi sebagian kulit atas cakenya nempel di piring T_T . untuk menyiasatiny bagian bawah cake akhirnya aku balik jadi bagian atas dan aku kasih coretan coklat leleh. Aku bikin motif cornelli walau masih acak-acakan,hihihi...Soal rasa menurutku enak,tapi entahlah. Aku merasa punyaku terlihat agak kering teksturnya. Ga seperti punya Teh Ricke yang kelihatan lembut gitu cakenya. Mungkin aku sedikit overbake atau apiku terlalu besar. Aku pakai otang jadi manggangnya cuma dikira-kira aja suhunya.Berikut resepnya...



Cake Pandan
Source : Ricke Indriani

Bahan : 
  • 8 butir telur utuh 
  • 3 kuning telur
  • 200 gr gula pasir (bila suka manis bisa ditambah sampai 225 gr)
  • 1 sdm cake emulsifier 
  • 1/4 sdt garam
  • 200 gr tepung terigu protein sedang
  • 25 gr maizena
  • 15 gr susu bubuk
  • 1/2 sdt baking powder
  • 150 gr margarin/mentega,lelehkan
  • 1 sdm pasta pandan

Caranya :
  • Kocok telur,kuning telur,garam,gula dan cake emulsufier hingga mengembang, putih, kental dan berjejak (jambul petruk)
  • Masukkan campuran tepung terigu, maizena,susu bubuk, baking powder yang telah diayak. Bisa menggunakan speed mixer terendah atau diaduk rata dengan spatula
  • Masukkan mentega cair dan pasta pandan. Aduk balik dengan spatula hingga rata
  • Tuang ke loyang tulban diameter 26 cm yang sudah dioles mentega dan ditabur tipis dengan tepung. Atau bisa gunakan loyang kotak/bulat ukuran 22-24 yang dialas kertas roti dan dioles mentega tipis
  • Oven 170°C sampai matang. Test tusuk
  • Keluarkan dari loyang dan sajikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar