Senin, 12 Oktober 2015

Aneka Roti Isi


Hari ini walau badan kondisi lagi gak fit, coba dikuat-kuatin buat bikin roti buat bekal suami yang mau balik kerja ke surabaya. Suami suka roti yang isi coklat, kalau anak-anak suka yang isi keju, dan aku sukanya yang isi sosis. Yo weslah,bikin roti dengan 3 isi yang berbeda. Tapi semua tetap pake base roti yang sama : soft bread ncc (again!udah cocok banget sama rasa roti ini. Empuk...hmmmm....).Nguleninya masih tetap pake gabungan tenaga manual dan hand mixer ku. Untuk bentuk-bentuk rotinya aku lihat dari blognya mbak Hesti dan mbak Ricke walau masih jauuuh dari kata rapi. Aku bikin roti konde,roti kepang,caterpillar bread,mini pizza dan bentuk bulat biasa. Untuk yang isi sosis,aku tambah coretan mayonaise dan saus tomat (karena aku gak boleh makan pedas). Sedangkan yang isi coklat aku pakai isi coklat chips dan mesis coklat.

Soft Bread NCC
Bahan : 
  • 250 gr tepung protein tinggi
  • 50 gr gula pasir
  • 10 gr susu bubuk
  • 1/2 sdt vanilli bubuk
  • 6 gr ragi instant
  • 2 kuning telur kocok lepas
  • 100 ml air es
  • 50 gr mentega/margarin
  • 1/4 sdt garam
Olesan : 1 butir kuning telur (bisa dicampur dengan 1sdm susu cair,tapi kemarin aku pakai kuning telur aja)

Bahan isian : chocochips,mesis coklat,keju dan sosis

Caranya : 
  • Campur tepung,gula,susu,vanili bubuk dan ragi.aduk rata
  • Masukkan kuning telur,sduk rata. Tuangi air es sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis
  • Masukkan mentega dan garam.lanjutkan menguleni hingga kalis dan elastis.diamkan selama 45 menit-1 jam atau hingga adonan mengembang 2x lipat
  • Setelah mengembang,kempiskan .uleni sebentar agar adonan lentur kembali.bagi adonan seberat 40 gr.diamkan 10 menit.
  • Setelah 10 menit,pipihkan adonan dan beri isi.bentuk sesuai selera
  • Diamkan lagi selama 30-45 menit atau hingga mengembang 2x lipat.
  • Olesi permukaan adonan dengan kuning telur dan panggang 200°C selama 15 menit.keluarkan dari oven.panas-panas olesi permukaan roti dengan butter agar roti tampak mengkilat
roti konde dan roti kepang isi coklat keju
Roti isi sosis (caterpillar bread,mini pizza dan roti kepang)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar