Rabu, 02 September 2015

Proll Tape Surabaya



Proll tape ini sebenernya proyek bikin kue yang tidak direncanakan minggu kemarin. rencana awal mau bikin muffin wilton sama mini blackforest roll. Lha kok pas ibu pulang dari pasar bawa tape sebungkus. entah darimana datangnya ide itu, tiba-tiba langsung ganti haluan pengen bikin proll tape pake resep Mbak Rachmah yang udah aku bookmark lama banget. Ok, let's do it. setelah si adek tidur siang, acara baking pun digelar. selesai bikin muffin, lanjut bikin proll tape Surabaya. Resep ini sebenarnya tanpa emulsifier asal adonan telur dan gula benar-benar dikocok sampai kental berjejak, tapi karena takut adonan turun ketika ditambahkan tape,alias akunya gak PD takut ntar tambah bantat kuenya, maka aku tambahin 1/2 sdt emulsifier di awal pengocokan agar adonan lebih stabil. aku tuang di loyang ukuran 24x24x3 cm karena emang mau aku jadikan cake potong biar hasilnya lebih banyak walau agak tipis, hihihi...Alhamdulilah kuenya gak bantat dan rasanya ueeeenaaakkkk. makasih Mbak Rachmah atas sharing resepnya. anakku yang gak doyan tape aja suka banget sama proll tape ini. lembuutt banget kuenya. apalagi atasnya ditopping keju parut trus makannya anget-anget,hmmmm...enak banget.



Proll Tape Surabaya 
Source : Mbak Rachmah Setyawati

Bahan :

  • 150-175 gr tape
  • 1 sachet susu kental manis
  • 75 gr gula pasir (kemarin aku tambah jadi 130 gr)
  • 4 butir telur
  • 75 gr tepung terigu
  • 15 gr susu bubuk
  • 10 gr maizena
  • 75 gr butter,lelehkan
  • 25 ml minyak sayur
Caranya :
  • Haluskan tape dan campur dengan susu kental manis.aduk rata.sisihkan
  • Campur dan ayak jadi satu tepung terigu,susu bubuk dan maizena
  • Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang, kental dan berjejak
  • Masukkan tape yang sudah dihaluskan tadi dalam 2 tahap.mixer dengan speed rendah asal rata
  • Masukkan campuran tepung,susu bubuk dan maizena sedikit demi sedikit sambil di mixer kecepatan rendah sampai rata
  • Tuang mentega leleh dan minyak sayur (kemarin aku campur mentega leleh dan minyak, baru aku tuang ke adonan). Aduk balik dengan spatula sampai rata. Pastikan mentega tercampur rata dengan adonan agar kue tidak bantat
  • Panggang 165°C selama 25 menit atau sampai matang.test tusuk (aku panggang pake otang 20 menit pertama di rak tengah lalu 5 menit terakhir aku pindahkan ke rak atas untuk mengeringkan permukaan kue)
Happy baking!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar